. Pertimbangan meliputi segi Operasional, Teknik, Jadwal dan Anggaran yang bersangkutan dengan sistem informasi yang akan dibuat untuk menggantikan atau dikombinasikan dengan sistem yang sedang berjalan pada saat ini.
· Operasional adalah kebutuhan utama yang diperlukan dari suatu sistem baru yang akan dijalankan agar sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Studi kelayakan operasional menggunakan kerangka kerja PIECES (Performance Information Economic Control Efficiency Services)
· Performa (Performance) : ” Apakah dengan adanya sistem baru beban para staff dapat berkurang atau semakin bertambah dalam menggunakan sistem baru tersebut ? ”
” Beban para staff berkurang karena staff bertanggung jawab melakukan pengontrolan dan pengecekan sistem tanpa melakukan interaksi langsung dengan pengunjung. ”
· Informasi (Information) : ” Apakah dengan sistem baru ini dapat mengurangi ketidaktahuan masyarakat akan informasi yang ada pada perusahaan tersebut ? ”
” Dengan adanya sistem informasi pemasaran ini pengunjung dapat mengetahui spesifikasi dan letak produk dengan menggunakan fasilitas website. ”
· Ekonomi (Economic) : ” Apakah dengan sistem baru ini dapat meningkatkan pemasaran, kontrol biaya dan keuntungan perusahaan ? ”
” Sistem informasi pemasaran yang baru ini tidak memakan biaya terlalu mahal dan dengan adanya sistem informasi ini peran Divisi Pemasaran dapat meningkatkan kinerja perusahaan tersebut dalam memasarkan produk khususnya dibidang Pemasaran karena ini merupakan target yang harus dicapai oleh para Divisi Pemasaran. ”
· Pengontrolan (Control) : ” Apakah sistem baru ini dapat melindungi serta mengontrol semua data dan informasi yang ada dalam perusahaan? ”
” Sistem baru ini dapat melindungi semua data serta informasi perusahaan dengan aman dan mudah dikontrol oleh para divisi marketing karena sistem ini mudah digunakan dan mempunyai fitur yang sangat sederhana. ”
· Efisien (Efficiency) : ” Apakah para pemakai dapat menggunakan sistem informasi pemasaran secara efisien dan tidak memakan waktu yang sangat lama dengan dan yang update ? ”
” Sistem informasi pemasaran ini dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus melakukan proses registrasi dan dapat diakses dengan sangat cepat, tidak memakan waktu yang lama dengan menggunakan sistem informasi pemasaran yang baru ini. ”
· Pelayanan (Services) : ” Apakah sistem yang baru dirancang dapat digunakan dengan mudah oleh para pemakai sistem tersebut secara fleksibel ? ”
” Sistem baru ini dirancang dengan fitur dan proses yang sangat mudah serta memberikan kepuasan bagi para pengunjung dalam menggunakan sistem tersebut. ”
Studi Kelayakan
Diposting oleh
Seni Budaya dan Teknologi
on Rabu, 29 April 2009
Label:
Studi Kelayakan